Cagub Benny K Harman : Jalan Rusak Jadi Perhatian Utama

0
120

Metrobuananews.com | Mabar – Sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan, Calon gubernur NTT,  Benny K Harman berkomitmen memberikan perhatian khusus pada perbaikan infrastruktur jalan.

Menurut cagub nomor urut tiga itu, kendati semua sektor dibangun tetapi infrastruktur jalan rusak parah maka dengan sendirinya pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat.

Manggarai Barat merupakan wilayah yang sangat potensial di bidang pertanian namun karena kondisi jalan yang sangat memprihatinkan,  potensi itu tidak bisa di eksplorasi untuk kesejahteraan masyarakat.

Sesuai data dinas pekerjaan umum (PU) kabupaten Manggarai Barat tahun 2017,  total jalan di Kabupaten Manggarai Barat 1.226,9 kilometer (KM) dan sepanjang 213,94 KM sudah rusak berat.

Sedangkan untuk jembatan, terdapat 8 buah yang rusak berat dari jumlah total 293 buah dengan panjang bentangan 5.880 meter.

Panjang ruas jalan kabupaten 1.226,9 Km. Dari jumlah itu, yang kondisinya layak sampai Bulan Mei 2017 ini 530,52 Km,  kondisi sedang 233,12 Km,  rusak ringan 249,31 Km dan rusak berat 213,94 Km.

Khusus jembatan, kondisi yang masih baik sebanyak 104 buah dengan bentangan 1.807,8 meter. Sedangkan yang rusak berat 8 buah dengan bentangan 121,2 meter.

Sedangkan untuk jalan propinsi totalnya 139,8 Km. Terdiri dari empat ruas, yaitu simpang Nggorang-Kondo 33,6 Km,  Kondo-Simpang Noa-Hita 36 Km,  Hita-Simpang Kedindi 46 Km dan Simpang Noa -Golo Welu 24,2 Km.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) NTT merilis, Kondisi Jln provinsi di kabupaten Manggarai Barat (Mabar) sebagai berikut : baik : 56,06 kms,  sedang: 34,21 km, rusak: 20,38 km , rusak berat : 22,3 km

Dari data tersebut,  menunjukan bahwa salah satu penyebab lambannya pertumbuhan ekonomi adalah kondisi jalan yang rusak.

Seperti dikeluhkan warga desa Loha, Matius Hamis dan Urbanus Nenga, warga desa Rego,  kecamatan Pacar,  kabupaten Manggarai Barat tentang sulitnya akses dari sentra produksi pertanian.

“Jalan Provinsi di wilayah kami sangat parah sehingga kami sulit untuk membawa hasil pertanian kami keluar daerah untuk dipasarkan”, keluh Urbanus Nenga, kepada cagub Benny Harman, ketika mengikuti kampanye dialogis paket Harmoni di wilayah tersebut.

Ia berharap,  ketika terpilih nanti,  cagub Benny Harman memperhatikan pengeluhan mereka dengan lima program unggulan,  khususnya perbaikan infrastruktur jalan.

“Calon di Manggarai yang nomor 1 hanya 1, Ini akan kami dukung, Wajib didukung semua”,  tegas Urbanus.

Menyikapi pernyataan itu, BKH mengatakan, tugas pemimpin adalah membuat rakyatnya bahagia. Menjawab semua persoalan yang tidak membuat rakyatnya tidak bahagia. Tidak bahagia karena tidak ada listrik, jalannya jelek, pengangguran, ekonomi, dan lain-lain.

” Jalan rusak menjadi perhatian utama kami, jika terpilih nanti”, ungkap Benny K Harman.

Lebih lanjut cagub Benny K Harman,  mengatakan dalam jenjang waktu lima tahun, paket Harmoni akan menyelesaikan semua jalan rusak di NTT. (MBN01)