Pemulung yang “Terpingirkan” Berharap HARMONI Jadi Solusi

0
407

Metrobuananews.com | Manggarai – Agar hidup penuh dengan kenikmatan, tutupi kekurangan tanpa keluh kesah dikedepankan, agar duka berkesudahan tutupi dengan syukur dipanjatkan.

Itulah sepenggal kalimat yang selama ini membuat Rofinus, seorang pria di Manggarai begitu tegar menjalani hidup, kendati hanya berprofesi sebagai pengumpul barang bekas (Pemulung – red).

Walau dihimpit kejamnya beban hidup, Rofinus tak pernah mengeluh, apalagi mengambil yang bukan haknya.

Ketika mendengar kabar, bahwasanya calon Gubernur NTT dari Paket HARMONI bakal bertandang ke kampung halamannya, Rofinus tak mau ketinggalan.

Sabtu, 17 Februari 2018, Rofinus bersama ratusan warga dari berbagai latar belakang pendidikan dan ekonomi, berkumpul di Desa carep,  Kecamatan Langke Rembo, di rumah gendong (Rumah khas Manggarai) bersama calon Gubernur dan wakil Gubernur NTT dari Paket HARMONI, Benny K Harman (BKH) dan Benny A Litelnoni.

BKH – Litelnoni bergantian memaparkan berbagai program strategis untuk membangun NTT lima tahun kedepan.

Rofinus nampak serius mengikuti. Sesekali Ia menganggukan kepala, bahkan memberi tepuk tangan penuh kekaguman.

Sampailah pada sesi dialog, beberapa tokoh masyarakat menyampaikan usul saran bahkan pertanyaan yang kemudian ditanggapi oleh Paslon Gubernur dan wakil Gubernur. Entah karena takut atau malu, Rofinus melewatkan sesi pertama.

Ketika sesi kedua dibuka, Rofinus walau nampak ragu-ragu, mengacungkan jari, meminta bicara.

“Nama saya Rofinus, saya seorang pemulung”, ujarnya memperkenalkan diri.

Suasana hening sejenak. Semua mata tertuju pada Rofinus.

Dengan terbata-bata, Rofinus menceritakan sedikit kisah hidupnya yang dililit derita. Semua tertegun.

“Selama ini, kami tidak pernah dapat bantuan apapun dari pemerintah, mungkin karena kami ada di pedalaman dan kami hanya masyarakat miskin”, ujarnya sinis.

Dia berharap, pesta demokrasi yang akan digelar bulan juni mendatang bukan hanya sebuah ajang memperebutkan takhta tetapi dapat menghasilkan pemimpin yang siap melayani dengan hati.

“Kami siap mendukung bapak berdua, Semoga Harmoni menjadi solusi bagi persoalan ekonomi yang kami hadapi”, kata Rofinus.

Menanggapi itu, Benny Litelnoni mengatakan, Penguatan ekonomi rakyat menjadi salah satu fokus utama, sehingga masyarakat bisa merasakan dampaknya. Begitu juga dengan berbagai program sosial yang juga akan diperkuat agar bisa dirasakan seluruh masyarakat NTT, termasuk Rofinus.

“Kami pasti akan perhatikan semua yang menjadi persoalan selama ini”, tutup Litelnoni. (MBN01)