Cinta Munting Hanya untuk HARMONI

0
370

Metrobuananews.com | Lembor Selatan – Sebuah perkampungan adat nun jauh di ujung barat pulau Flores, Desa Munting namanya, menyimpan simpati dan cinta yang tak tergoyahkan untuk putra terbaik Manggarai, Benny K Harman (BKH) dan buah rahim unggul negeri Cendana, Benny A Litelnoni, dalam paket HARMONI.

Cinta itu tak hanya sebatas kata, tetapi sungguh terpatri dalam sebuah prosesi adat, yang oleh warga setempat disebut ‘Pau tua kapu’.

Prosesi itu dilakukan tatkala Benny A Litelnoni dengan Kesederhanaannya bertandang ke desa Munting, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat,  Jumat (16/2/2018).

Prosesi adat tersebut ditandai dengan penyerahan seekor ayam jantan dan minuman tuak, yang kemudian ayam tersebut disembelih sebagai tanda permohonan restu kepada leluhur agar paket HARMONI melangkah mulus menuju Kursi NTT 1.

Tokoh adat desa Munting, Alex Banggur, mengatakan, prosesi itu sebagai tanda penghormatan kepada seseorang yang benar-benar diterima di kampung tersebut.

“Hari ini kita sudah terima pak Wakil di rumah adat, artinya seluruh masyarakat siap mendukung paket HARMONI, bukan yang lain”, ujar Alex.

Menurut Dia, Ayam jantan dan tuak dalam prosesi adat ‘Pau tua kapu’ merupakan simbol keberanian dan kejantanan meraih kemenangan.

“Dengan dilaksanakannya prosesi adat ini, pemilih di desa Munting yang berjumlah 870 sudah sepakat dan satu hati untuk tidak akan memilih paket lain selain HARMONI “, tegas Alex.

Usai prosesi adat, Benny Litelnoni berdiskusi dengan tokoh masyarakat yang hadir.

Mendengarkan keluh kesah mereka tentang masalah infrastruktur dan penerangan.

Benny Litelnoni  berjanji akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang baik dan penerangan bagi masyarakat desa Munting.

“Listrik dan Jalan menjadi PR (pekerjaan rumah) prioritas  bagi paket HARMONI. Hari ini saya diterima dengan Cinta, saya juga akan membalasnya dengan Cinta”, tutup Litelnoni. (MBN01)