Humaniora

Kakek Petani Rumput Laut Menaruh Harap pada BKH

Metrobuananews.com | Kupang – Seorang kakek penyandang disabilitas yang berprofesi sebagai petani rumput laut di desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, diam-diam menaruh sejuta harap pada calon Gubernur dan wakil Gubernur NTT, Benny K Harman dan Benny A Litelnoni.

Yohanes Solu, Sang kakek malang yang kehilangan tangan kanannya dalam sebuah kecelakaan beberapa tahun silam patut diacungi jempol.

Walau dalam keterbatasan, sang kakek tak pernah menyerah apalagi meminta – minta.

Bermodalkan tangan kiri, Dia mengayuh sampan, menerjang gelombang walau kadang terhempas, tetap kukuh merawat rumput laut miliknya.

“Saya jepit dayung di leher kemudian tangan kiri mengayuh, awalnya memang susah tapi harus bisa dan akhirnya terbiasa”, ujarnya.

Sambil memungut rumput laut yang putus terhempas gelombang di tepian, kakek Yohanes bercerita tentang aktivitas dan kesulitan yang dihadapi sebagai seorang petani.

“Kami kesulitan bibit dan tali tetapi kami tidak tau minta siapa, dulu pak Medah pernah bantu kami setelah itu tidak ada lagi yang peduli”, kenang kakek Yohanes.

Di tengah kesulitan itu, kakek Yohanes dan petani rumput laut lainnya di desa Lifuleo, mengeluhkan harga rumput laut yang semakin hari makin merosot. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga.

“Semua petani mengeluh, sekarang harga rumput laut berkisar Rp.10 ribu/kg, dulu masih 27 ribu tapi tiap saat turun”, ujar kakek Yohanes.

Kini sang kakek pasrah. Dia berharap dalam kontestasi politik pilkada Gubernur NTT, dapat merubah nasib petani rumput laut.

“Saya tidak pernah bertemu dengan pak Benny K Harman, tapi tau namanya, saya berharap Dia bisa melihat kami orang kecil ini”, ujarnya penuh harap.

Sebagai salah satu korban tumpahan minyak PT Montara Australia, kakek Yohanes menaruh harapan besar kepada BKH. Dia meyakini pasangan BKH – Litelnoni dalam paket HARMONI mampu menjembatani persoalan antara petani rumput laut di NTT dan pemerintah Australia.

“Kita butuh pemimpin yang mengerti Hukum supaya menolong kita orang kecil dan juga tidak langgar hukum karena dia mengerti “, ungkapnya diplomatis.

Dia yakin, NTT akan sejahtera jika dipimpin oleh sosok yang cerdas, santun dan rendah hati. (TR**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top