Kemendikbud Siap Anggarkan Rp 442 M Untuk Pendidikan NTT Tahun 2018

0
157

Metrobuananews.com | Denpasar –  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menegaskan siap mengelontorkan dana sebesar Rp 442 miliar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun 2018.

Kemendikbud sendiri terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di NTT dengan mengelontorkan anggaran yang cukup besar,” kata Muhajir saat melakukan pertemuan dengan Komunitas Jurnalis NTT, Pena NTT di Kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Bali, Denpasar, Jumat (22/12/2017).

Seperti dilansir teropongntt.com, pertemuan tersebut berlangsung di sela-sela kunjungan kerja dengan Kabinet Kerja Jokowi di Bali.

Sebagai perbandingan, kata Muhadjir, pada tahun 2017 lalu, NTT mendapat anggaran sebesar Rp 200 miliar lebih.

“Sementara, untuk tahun 2018, Kemendikbud siap mengelontorkan dana dua kali lipat yakni 442 miliar,” ujar Muhadjir.

Untuk itu Muhadjir meminta semua pihak mengawasi penggunaan angaran ini. “Termasuk PENA NTT juga supaya tepat sasaran untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri,” harap Muhadjir Effendy.

Terkait polemik pernyataannya yang dimuat di koran nasional pada 4 Desember 2017 yang memantik reaksi keras sebagian warga NTT, Muhadjir mengatakan, sudah diproses di Dewan Pers.

“Pihak Kemendikbud memenangkan perkara itu karena dinilai melanggar kode etik,” kata Muhadjir.

Sementara itu, Ketua PENA NTT Bali, Emanuel Dewata Oja menyampaikan apresiasi karena Mendikbud merespon langsung persoalan ini.

Menurut Emanuel, kegaduhan karena statemen Mendikbud diharapkan menjadi momentum bagi perbaikan pendidikan di NTT ke depan.

“Semoga ini menjadi momentum bagi kita bersama, terutama pemerintah, untuk bekerja keras meningkatkan kualitas pendidikan di NTT,” kata Emanuel. (*/red)